Analisis Kinerja Keuangan

1.                  Pengertian Kinerja Keuangan

Menurut Mulyadi (2001:17) “Pengukuran kinerja keuangan perusahaan dalam perspektif keuangan adalah return on investment atau pengembalian ekuitas, bauran pendapatan (revenue mix), pemanfaatan aktiva dan berkurangnya biaya secara significant. Kinerja keuangan yang dihasilkan harus merupakan akibat diwujudkan kinerja dalam pemuasan kebutuhan customer, pelaksanaan proses bisnis atau intern yang produktif dan cost effective dan pembangunan personal yang produktif dan berkomitmen. Jadi dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan merupakan hasil dari banyaknya keputusan individu yang dibuat secara terus – menerus oleh manajemen di bidang keuangan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas perusahaan yang optimal.

Media yang dapat digunakan dalam menganalisis kinerja keuangan suatu perusahaan adalah laporan keuangan, dalam laporan keuangan para pihak yang berkepentingan dapat mengetahui berapa total aktiva yang dimiliki oleh perusahaan, profit yang dihasilkan perusahaan, biaya operasional peruasahaan dan seluruh transaksi perusahaan lainnya yang dapat diukur dan dinilai dengan uang yang tertera dalam laporan keuangan. Namun hanya dengan  melihat laporan keuangan perusahaan tidaklah cukup untuk mengambil suatu keputusan keuangan, para analis perlu melihat lebih jauh kedalam laporan keuangan tersebut dan memahami angka – angka yang tercantum di dalamnya.

2.                  Kinerja Keuangan

Dalam menentukan kemampuan kinerja keuangan suatu perusahaan maka, perlu diketahui kondisi keuangan perusahaan tersebut, apakah perusahaan mampu mengelola asset yang dimilikinya dengan efektif dan efisien. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, salah satu upaya penting yang harus dilakukan dari pihak manajemen adalah harus mampu menganalisa kinerja keuangan perusahaan, yang meliputi rentabilitas, likuiditas, solvabilitas dan aktivitas perusahaan apakah berada dalam kondisi yang sehat atau tidak sehat.

Dengan mengetahui kondisi perusahaan, maka dapat cepat diketahui penyebab permasalahan yang terjadi dalam opersional perusahaan dan dapat dengan cepat pula diambil langkah – langkah penyelamatan bila dianggap perlu. Kegunaan analisis kinerja keuangan menurut Agnes (2005:1) adalah sebagai alat bantu dalam perencanaan keuangan perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: