Konsep dan Fungsi Manajemen

A.     Konsep Manajemen

1.      Definisi Manajemen

            Manajemen adalah seni menangani segala hal melalui orang lain. Para manajer memberikan arah pada organisasi mereka, memimpin dan memutuskan bagaimana menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran.

Aktivitas-aktivitas ini berlaku tidak saja bagi eksekutif puncak, tapi juga bagi seorang pemimpin kru kebersihan, penyelia atau seorang direktur pemasaran. Lebih lanjut, manajemen sering dianggap universal karena menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran dan memperoleh prestasi tinggi dalam semua tipe organisasi, yang mencari laba maupun nirlaba.

Definisi manajemen menurut Daft (2002 : 8) yaitu ”Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien menurut perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasi.

Ada dua ide penting dalam definisi tersebut yaitu (1) empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, perorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian serta (2) pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.

2.     Empat Fungsi Manajemen

a.      Perencanaan (Planning)

      Perencanaan mendefinisikan di mana organisasi ingin berada di masa depan dan bagaimana mencapainya. Perencanaan berarti penentuan sasaran sebagai pedoman kinerja organisasi di masa depan dan penetapan tugas-tugas serta alokasi sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai sasaran organisasi.

b.      Pengorganisasian (Organizing)

      Pengorganisasian biasanya mengikuti perencanaan dan mencerminkan bagaimana orgnaisasi mencoba untuk menyelesaikan rencana itu.  Pengorganisasian (Organizing) melibatkan penetapan tugas, pengelompokkan tugas-tugas ke dalam departemen, dan alokasi bermacam-macam sumber daya ke dalam berbagai departemen.

c.       Kepemimpinan (Leading)

            Memberikan kepemipinan menjadi fungsi manajemen yang semakin penting. Kepemimpinan adalah penggunaan pengaruh untuk memotivasi karyawan agar mencapai sasaran organisasi. Memimpin berarti menciptakan suatu budaya dan nilai bersama, mengkomunikasikan sasaran kepada karyawan melalui organisasi, dan memberikan inspirasi agar karyawan berprestasi sebaik-baiknya. Memimpin termasuk memotivasi seluruh departemen dan divisi, dan juga orang-orang yang bekerja langsung dengan manajer.

d.      Pengendalian (Controlling)

            Pengendalian adalah fungsi keempat dalam proses manajemen. Pengendalian artinya memantau aktivitas karyawan, menjaga organisasi agar tetap berjalan ke arah pencapaian sasaran-sasarannya, dan membuat koreksi jika diperlukan. Para manajer harus memastikan bahwa organisasi bergerak menuju tujuannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: